Wednesday, June 9, 2010

Order 66 community published in Warta Kota

Komunitas Para Penggila Star Wars

Berangkat dari persamaan hobi sebagai pencinta dan penggemar film Star Wars alias Perang Bintang, mereka pun meleburkan diri dalam sebuah komunitas. Order 66. itulah nama wadah sesama pencinta dan penggemar film fiksi ilmiah itu. Order 66 diproklamirkan pada 27 Januari 2008. Wadah tersebut saat ini beranggotakan 500-an orang. Para anggota Order 66 mendapat sebutan Troopers. Mereka saat ini tersebar di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

"Pada Intinya Order 66 ini dibentuk sebagai wadah untuk saling berkomunikasi dan berkumpul sesama pencinta dan penggemar film StarWars." kata Gautama Oktavidya ( 29) mewakili Riza Satyagraha selaku koordinator dari Order 66 kepada Warta Kota Senin (22/3). Keberadaan komunitas Order 66 mendapat dukungan dari Pihak 20th Century Fox Indonesia yang merupakan Licensor Star Wars movie di Indonesia. Bahkan beberapa anggota Order 66 terdaftar sebagai anggota dari Star Wars Fans Club International sejak lama.

Mereka yang bergabung di komunitas ini beragam usia, dari belasan tahun hingga 40 tahun. Profesi anggotanya pun beragam, dari anak sekolah, mahasiswa. PNS. karyawan swasta, hingga kaum profesional, seperti guru, dokter, pengacara, bankir, dan pengusaha.

Lalu seperti apa komunikasi untuk mencurahkan kesamaan hobi dan kecintaan mereka pada dunia Stars Wars itu? Selain melalui jaringan internet, mereka juga kerap menggelar kopi darat (bertemu langsung). Kawasan Kemang Utara F/4 Jakarta Selatan dijadikan markas mereka yang disebut sebagai Star Wars Indonesian Troopers Homebase (SITH)

"Biasanya kalau mau buat kegiatan atau event seperti gathering kita Janjikan untuk kumpul membahas rencana yang akan kita buat," kata Gautama. Kegiatan seperti gathering yang digelar misalnya untuk saling bertukar informasi seputar perkembangan film Star Wars, bertransaksi Jual beli trade collectibles items Star Wars antar anggota, nonton film bareng dan BBQ party.

Dan salah satu event yang baru-baru diadakan. Order 66 terlibat dalam pameran mainan tahunan "Jakarta Toys Comic Fair ke -6" yang digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Kendati demikian, kegiatan Order 66 tidak melulu seputar kesamaan hobi. Wadah Ini juga mencoba untuk berempati dengan lingkungan. "Kegiatan sosial tetap menjadi perhatian kita juga. Kita ada dana sosial yang merupakan hasil saweran para anggota." kata Gautama dan kegiatan sosial yang pernah mereka lakukan sepertu baku sosial ke panti-panti asuhan dan menyantuni anak yatim.

"Kesempatan seperti selain bisa berkumpul, juga sekaligus beramal kepada saudara-saudara kita yang kekurangan." Imbuh Gautama yang sehari-hari bekerja di bidang event production. Sementara itu. Gegi Dharmika (30) salah satu anggota Order 66 mengaku tertarik bergabung karena bisa mendapatkan banyak teman sesama pencinta" Star Wars. Gegi yang mengenal dunia Star Wars sejak SD tu mengatakan, bertemu dengan sesama penggemar hobi bisa dijadikan ajang bernostalgia semasa kecil.

"Dari obrolan seperti ini bisa menambah wawasan juga." kata Gegi Dharmika yang memiliki koleksi film dan tokoh Star Wars era tahun 1970-an hingga 1980-an. Misalnya Luke Skywalker. Han Solo, Darth Vader hingga Princess Leia.

Lalu bagaimana bila ingin bergabung di komunitas Perang Bintang tersebut? Gautama kembali mengatakan, bisa mengirimkan email ke order66.sithyahoo. com atau langsung datang ke StarWars Indonesian Troopers Homebase (SITH). Untuk para anggota baru yang mendaftar akan mendapatkan I buah T-shirt exelusive Order 66 dan kartu anggota.

Selain itu membayar iuran keanggotaan sebesar Rp.60.000/tahun. "Kita Juga ada buletin rutin yang terbit setiap tiga bulan sekali. Isinya seputar aktivitas kegiatan para Troopers. info up to date tentang Star Wars dan Juga info event," tandas Gautama.

(Agung Nugroho)

This article published and released from the address : http://bataviase.co.id/node/147192

No comments:

Post a Comment